Urgensi Eksistensi ITSAR

Posted by media itsar | Posted in ,

Dilihat dari sisi kebutuhan berbagai pihak, terdapat berbagai dan alasan yang melatar belakangi keberadaan ITSAR ini

1. Bagi masyarakat awam
Di setiap keberadaan suatu masyarakat, dibutuhkan adanya keberadaan suatu kelompok yang senantiasa melakukan da'wah dan menegakkan amar ma'ruf nahi munkar agar masyarakat tersebut senantiasa berada pada jalan yang diridhai-Nya :
"Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, meyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar : merekalah orang-orang yang beruntung" (3:104)

(foto hanya islutrasi dari blog.micokelana.com)



2. Bagi masyarakat yang ingin mempelajari Islam
Pakah perilaku masyarakat sudah sesuai dengan Islam? Jika tidak mengapa? Darimana masyarakat menerima pendidikan diniyah? Apakah hanya dari 2 jam pelajaran agama di sekolah saja?
Karena itu, hal ini maka dibutuhkan adanya suatu sistem yang mewadahi orang-orang yang ingin menggali ilmu diniyah secara lebih dalam.
Urgensi eksistensi ITSAR ini lebih dipertegas lagi dengan perlunya sistem pembelajaran Islam dengan metode dakwah fardiyah dan sistem yang berupaya menggambarkan lingkungan yang Islami bagi masyarakat yang hendak mempelajari Islam secara utuh - yang selama ini belum ada dalam masyarakat SMP ini.

3. Bagi masyarakat yang ingin mengasah potensi dirinya
Manusia adalah makhluk yang memiliki potensi dalam berbagai sisi. Dan yang selama ini diasah adalah dalam bangku sekolah sebagian besar hanyalah potensi problem solving terhadap soal-soal. Karena itu dibutuhkan adanya wadah lain untuk mengasah sisi-sisi potensinya yang lain. (kepemimpinan, sosialisasi dengan manusia lain, komunikasi, kreatifitas, dll) ITSAR berusaha mewadahi kebutuhan ini.


4. Bagi orang-orang yang menyadari wajibnya berjuang untuk Islam
Kewajiban perjuangan Islam tidak mungkin dapat ditunaikan secara individu. Maka perlu adanya sebuah jamaah yang memadukan potensi semua individu untuk memperkuat tugas memikul kewajiban yang berat tersebut.
Selain itu suatu organisasi resmipun dibutuhkan dalam perjuangan Islam guna memudahkan geraknya.

5. Bagi perjuangan Islam
ITSAR bukanlah lembaga lkal yang memiliki tujuan-tujuan yang sempit. Tetapi berusaha juga untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam perjuangan Islam secara keseluruhan. Salah satu kontribusi yang diusahakan adalah berupaya membangun tandzim (struktur) haraki perjuangan Islam yang besar dari segi kualitas dan kuantitas.
Membangun tandzim haraki berarti ITSAR berupaya mempersatukan para pejuang Islam dan mengorganisasinya untuk tujuan perjuangan Islam. Atas landasan ini maka perjuangan ITSAR menghendaki adanya komitmen sampai akhir hayat. Jangan hendaknya terjadi komitmen secara temporal yang berakhir pada masa tertentu. Atau komitmen dalam kondisi tertentu yang berakhir dengan hilangnya kondisi tersebut. Komitmen ini hendaknya merupakan komitmen yang lestari yang tidak diakhiri dengan pembelotan atau pengunduran diri hingga orang yang berkomitmen itu menemui Rabb-Nya.
Meningkatkan kualitas berarti ITSAR berupaya mempersiapkan mad'u baik dalam segi fikriyah (pemahaman akan Islam), ghirah (semangat keislaman), maupun potensi sehingga siap memenuhi tuntutan perjuangan Islam.
Meningkatkan kualitas berarti ITSAR senantiasa berupaya agar semakin banyak orang-orang yang bergabung dalam perjuangan dakwah ini.

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.