Ghazi Azhari Daffa Az-zharif: Topeng Monyet dan Kualitas Diri

Posted by media itsar | Posted in




Segala puji bagi Allah, dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia Mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak Diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata.


Shalawat juga selalu tercurah dari dalam hati, kepada satu-satunya manusia teladan bagi kita, contoh kita, panutan kita, jalan kita, perjuangan kita, seorang manusia paling sempurna, Rasulullah SAW.

Ketika jemari udah gagajaheun (Singsireumeun udah lewat) pengen nulis lagi, selama 2 minggu kemarin agak vakum, mikirin lomba, olim kedokteran tea lah, lomba nulis yang bahasanya harus EYD (EYD tuh sebenernya pengen nulis EYE di hape, cuman angka 3 (buat nulis huruf E) cuman kepencet sekali), dan aktifitas-aktifitas lain yang menghalangi dan menyita waktu saya untuk berbagi lagi ama sahabat-sahabat. Liat akh-akh yang lain pada rajin gitu nulis, enaaak banget, pengen rasanya tiap malem bisa berbagi, tapi apa daya bu rusdah berulah, 50 soal harus menjadi ladang amal saya sambil berlelah-lelah. Udah ah..

Semangat nulis ini juga hadir dari beberapa orang yang spesial, yang selalu ngomong, “ayo nak ghazi nulis lagi dong..” Bunda Linda, Bu Nina Manarosana yang pas saya telepon beliau nanya, “ini teh Ghazi yang suka nulis tea? Add FB ibu atuh tau kan namanya..” makasih bu, doakan saya bisa menyampaikan hikmah secara istiqamah.
Mulai ah, ini ceritanya..

***

Speedometer sepeda motor (Kalo di asli saya susah ngomong 2 kata yang disatuin itu) menunjukkan angka sekitar 75-80 Km/jam, suasananya mau nerobos lampu kuning yang siap mengedip dan membuka matanya dengan warna lain, merah. Dari persimpangan sebelah, pengendara motor lain udah ‘luak-lieuk’ untuk mulai melaju. Asalnya mau saya nekatin tuh maju, akhirnya rem jadi pilihan. Yang dari tadi tahan napas sambil nahan ngebut, akhirnya menghembuskan napas juga sedikit demi sedikit mengikuti irama kecepatan motor yang semakin menurun. Berhenti.. ngelamun bentar, sampai akhirnya muncullah dendangan lagu sederhana yang memecah lamunan dan sedikit rasa kecewa gak berhasil nerobos lampu tadi. Hiks..

Ngelirik di bagian kanan, ternyata alunan musik sederhana itu menjadi sebuah latar suasana bagi makhluk kecil yang lucu, yang menari-nari dengan segala perabotan yang ada dan disiapkan oleh pemain musik sederhana tadi sebagai majikannya. Pertama kali mungkin, ngerasa nikmaat banget ngeliatin tuh monyet joget-joget. (jangan-jangan ini cinta monyet?)

Biasanya kalo lagi ngeliatin topeng monyet yang kepikiran dan keingetan tuh cuman Rame, asyik, lucu, menarik, Ketua DKM (Ngga maksud apa-apa nih, Cuma jujur aja gak bilang antum) ama temen-temen (maaf bukan menyamakan sahabat dengan monyet, tapi menyamakan monyet dengan sahabat, Lho??). Kejadian ini malah membuat saya berpikir..
“kok monyet bisa gitu yah??”
“Ih, hebat, bisa naik motor-motoran kecil pas ama majikannya dikasih helm”
“Ih hebat, monyetnya bisa pake payung!”
“Kok pas udah selesai joget, si monyet bisa ambil keranjang kecil terus menengadahkannya ke para pengendara dengan maksud minta uang.”
“kok bisa tuh monyet Pas dikasih sejadah langsung dia menirukan gerakan-gerakan orang yang lagi shalat.”

Ampe inget pas abis shalat ada bapak-bapak ngomong ke yang punya monyetnya,
“Tuh, tingalikeun, lutung mah tabuh sakieu oge tos netepan Dhuha. (Liriklah ia, di waktu ini seekor monyet sudah melaksanakan ibadah Dhuha)”

Terus, dan saya mulai penasaran lagi menelusuri. Nih monyet padahal awalnya kan cuman monyet liar, di dapat dari hutan, gak bisa apa-apa, makan pisang pun gak dibuka cangkangnya, kok sekarang bisa shalat, pake payung, naik motor, naik ke pundak majikan saat si majikan menarik-narik tali, bergoyang ketika musik dimainkan, dan banyak lah! Kok bisa yah tuh ‘onyet sepintar itu..

Dan ya…!! Satu-satunya jalan buat si monyet itu pinter segala macem, bukan dimasukin ke pesantren biar bisa shalat, atau di lempar ke sirkuit biar bisa naik motor, atau di bawa ujan-ujanan biar bisa pake payung (eh taunya si monyet malah make jas hujan kan bisa aja).. tapi satu-satunya cara adalah, sang pemilik monyet senantiasa melatih dan memberi rintangan buat tuh ‘onyet biar bisa begini dan begitu..! Yap, sang pemilik monyet istiqamah dan konsisten untuk melatih dengan memberi rintangan seperti selalu memberikan sejadah dan menirukan gaya shalat pada si monyet sambil menunduk-nundukkan kepala si monyet pada sejadah, selalu memaksakan tangan monyet menggenggam payung, selalu menaikkan si monyet ke atas motor.. dan Itu dilakukan secara bertahap! Satu persatu sahabat! ketika si monyet udah bisa naik motor, sekarang suruh si monyet harus bisa megang payung, ketika udah bisa megang payung sekarang harus bisa shalat, dan seterusnya.

Dan sebuah ‘ibrah telah kita dapatkan sekarang. Sebuah hikmah tersembunyi ditemukan lagi menjadi sebuah pelajaran yang terang.

Ternyata sama dengan kita, sahabat. Agar kualitas kita senantiasa naik dan naik, yang Maha Memiliki kita pun selalu melatih kita, memberi banyak rintangan, memberi banyak ujian. Agar kita bisa melakukan banyak hal yang baru, yang membuat orang lain yang melihat kita merasa terbantu dan terpercik manfaat yang diberikan oleh kita..


Andaikan monyet yang pintar selalu dilatih dengan diberi alat ini dan itu oleh sang pemilik, maka kita yang berkualitas juga selalu dilatih oleh Sang Pemilik dengan diberi alat latih yang berbagai macam pula.


Latihan yang Allah berikan kepada kita mungkin berupa amanah. Amanah baru yang mungkin sama sekali belum kita kerjakan sebelumnya. Allah senantiasa memaksakan kita untuk terus diuji dan dilatih agar kita menjadi hamba yang berkualitas. Yang gak mudah ditelan jaman, mempunyai banyak kelebihan diantara orang-orang lain yang tidak menerima latihan yang Allah berikan. Seperti monyet-monyet biasa, tentu berbeda dengan monyet yang terlatih. Dan ini semua berkat kasih sayang Allah.. begitu mendalam kepada kita.. Allah selalu menyimpan banyak rahasia dibalik apa yang Ia berikan pada kita.

So, jangan takut sahabat-sahabat untuk menerima “latihan-latihan” dari Allah. Karena ini yang membuat kita bisa menjadi seseorang berkualitas selangit. Jangan takut menerima sesuatu yang baru sebagai sebuah pecut latih dari Allah. Karena ini yang membuat kita bisa menambah hal unik, kelebihan yang hanya kita miliki dibanding orang lain yang enggan menerima “latihan” dari Allah SWT.

Jangan kalah ama monyet, monyet aja gak banyak males tuh buat latihan sampe bisa banyak hal, padahal monyet gak mikir, “wah kalo gue bisa shalat, naik motor, make payung kayaknya honor dari si majikan makin gede nih”.

Sementara kita, yang udah sadar kalo menjadi orang hebat tuh nilai positifnya gak terkira, kok masih males-malesan untuk menerima ujian, cobaan, pecutan, dan latihan dari Allah..!


Inget, Allah akan selalu memberikan ujian ketika kita mencoba untuk meningkatkan kualitas diri, keshalehan, keimanan kita. Seperti halnya seekor monyet yang tak bisa apa-apa, lalu ingin bisa naik motor, lalu ingin bisa shalat, lalu ingin bisa berjoget. Akan diberikan ujian yang berbeda dan meningkat pula oleh sang pemilik untuk mendapatkan keahlian itu semua.




Sebuah hikmah berharga ketika gak berhasil nerobos stopan.
Ghazi Azhari S
Bandung, 27 April 2010 (22:04)

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.