Annas Ta'limuddin Maulana: Ada Orang Yang Nanya, Saya Coba Jawab

Posted by media itsar | Posted in

ADA ORANG YANG NANYA, SAYA COBA JAWAB

Latarnya tempat dan waktunya tepat waktu saya lagi jalan dari gerbang kantin SMA Negeri 3 Bandung sampai nyaris beberapa meter lagi menuju masjid sekolah tersebut. Waktu lagi jalan dengan santainya ke masjid, eh ada orang yang nanya deh. Sebut aja orang yang nanya itu ‘Mawar’. Semoga dialognya bermanfaat dan menambah tsaqafah kita tentang ibadah di bulan Ramadhan. Kurang lebih dialognya  kayak gini:

Mawar  : “Assalamu’alaikum, Nas.”

Saya       : “Wa’alaikumsalam.”

Saya       : “...”

Mawar  : “Ih kok diem aja sih? Ga ada kata-kata lain apa selain salam?”

Saya       : “Maaf, ada urusan apa gitu?”

Mawar  : ”Ih ‘tiis’ bangetlah! Hehe, ya udah deh. Eh saya mau nanya boleh ya?”

Saya       : “Silakan.”

Mawar  : “Hmmm, nas, kata orang kok kamu kalau ngobrol sama akhwat ga canggungan sih?”

Saya       : “Aduh, mulai deh ngomongin yang begini mulu. Emang akhwat makhluk apa samapi harus canggung segala?!”

Mawar  : “Lho, kan biasanya cewek sama cowok yang ikutan DKM atau rohis kayak gitu kan suka canggung-canggungan kalau ngobrol. Apa lagi kalau situasinya lagi sepi.”

Saya       : “Alah, yang penting tuh bukan canggungnya. Yang penting jangan ada hal yang ‘aneh-aneh’ aja diantara tu cowok sama cewek! Ada pertanyaan yang lebih ‘berbobot ‘ lagi ga? Saya males dengerin pertanyaan begituan mulu.”

Mawar  : ”Idih ngambeklah. Iya deh, nanya yang lain ya.”

Saya       : “...”

Mawar  : “Nas, banyak yang nanya lho. Kamu tuh sebenernya pacaran ga sih? Soalnya kemarin saya nge...”

Saya       : “Alah, begitu lagi. Ya udah saya duluan ya.”

Mawar  : “Eh, jangan pergi dulu dong, ga sopan banget deh. Iya deh iya, ganti topik!”

Saya       : “...”

Mawar  : “Masalah jilb...”

Saya       : ”Udah ya, saya ga mau ngomongin masalah akhwat. Ngurus saya sendiri aja saya belum bias, apalagi ngasih pendapat tentang orang yang berlawanan jenis. Assalamu’a...”

Mawar  : “Aduh, ya ampun! Iya deh, ini bukan tentang ‘hal-hal’ gitu lagi.”

Saya       : “Ini untuk yang kedua kali ya. Sekali lagi saya pergi.”

Mawar  : “Hmmm, nas, kalau di bulan Ramadhan ka nada ibadah special yang namanya tarawih. Nah, kalau udah tarawih boleh qiyamullail ga?”

Saya       : “Qiyamullail tu artinya berdiri alias ibadah di malam hari. Kamu tarawih juga udah disebut qiyamullail.”

Mawar  : “Maksudnya?”

Saya       : “Afwan, ini setau saya aja ya. Kalau saya di 10 malam terakhir suka ‘itikaf di masjid Habiburrahman. Masjid yang di deket PT DI itu. Disana biasanya suka tarawih tanpa witir, terus sebelum sahur, para jama’ah suka dibangunin buat tahajjud (qiyamullail) sama witir. Kesimpulan saya, slakan aja.”

Mawar  : “Oh, gitu ya. Eh, ada pertanyaan yang masih ngebuat saya bingung lagi nih. Lailatul Qadar itu yang bener kapan sih, Nas? Lailatul Qadar itu kan malam mulia yang bahkan kalau kita ibadah di malam itu ibadah kita lebih baik dari ibadah dalam 1.000 bulan kan?”

Saya       : “Hmmm.”

Mawar  : ”Kan kata Al-Qur’an  di surat Al-Qadr turunnya betepatan dengan turunnya Al-Qur’an alias waktu malam Nuzulul Qur’an, nah itu tuh kan waktu tanggal 17 Ramadhan. Tapi ada hadist juga yang insya Allah shahih katanya Lailatul Qadar itu tersembunyi di 10 malam terakhir yang ganjil. Nah gimana tuh pendapat kamu?”

Saya       : “Nah, pertanyaannya yang kayak gini dong dari tadi!”

Mawar  : “Hehehe...”

Saya       : “Hmmm.”

Mawar  : “Gimana?”

Saya       : “Sekalinya dapet pertanyaan yang bagus ternyata saya ga bias jawab, hehehe.”

Mawar  : “Iya ampun.”

Saya       : “Hahaha, iya deh, ya udah gini deh. Setau saya tentang Lailatul Qadar emang rasulullah saw. bilang kalau malam itu ada di 10 malam terakhir di hari-hari ganjil. Dan mungkin kebetulan untuk Lailatul Qadar saat rasulullah saw. diangkat sebagai rasul untuk pertama kalinya dan didengarkannya wahyu Allah yang pertama, Lailatul Qadar pun terjadi di malam itu.”

Saya       : “Pendapat saya tentang Lailatul Qadar, mungkin terletak sesuai hadist nabi, tanpa menyalahkan Al-Qur’annya. Ya intinya kita harus semangat terus buat nyari malam itu.”

Mawar  : “Oh, gitu.”

Saya       : “Menurut hadist juga, ciri-ciri Lailatul Qadar tuh: binatang-binatang ga berbunyi, angin kayak yang berhenti, suhunya enggak terlalu panas juga ga terlalu dingin. Gitu.”

Mawar  : “Oh gitu ya. Sip-sip. Alhamdulillah saya depet ilmunya juga. Btw, kamu belum ngash tau hadist-hadist itu hadist riwayat siapa biar jelas keshahihannya! Ntar kasih tau lagi ya!

Saya       : “Eh? Heu, iya deh. Ya udah kalau ga adayang ditanyakan lagi saya ke masjid dulu. Assalamu’alaikum.”

Mawar  : “Wa’alaikumsalam. Jazakallah, Nas!”

Fuih simpang siur banget jawaban saya. Tapi itu sih yang pernah saya dapet dari mentoring-mentoring saya. Ya sudahlah, semoga bermanfaat.


Bumi Allah, 20 Ramadhan 1431 H – 29 Agustus 2010 M
Annas Ta’limuddin Maulana

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.