Logo - logo M-camp

Posted by media itsar | Posted in ,

Sepanjang era 2000-2010 ada pernah sekali ITSAR tidak melaksanakan M-Camp. yaitu tahun 2002 saat itu memang jadi tahun-tahun kegelapan ITSAR. Tapi jangan salah, ITSAR juga pernah melaksanakan MCAMP hanya dengan panitia ikhwan 3 orang saja dengan beberapa orang Akhwat. Benar-benar kenangan yang tak terlupakan. Sehingga total ada 10 M-Camp yang sudah dilaksanakan oleh ITSAR. Dari kesepuluh M-Camp itu saya diberi kesempatan mendesain beberapa Logonya. Sebenarnya ada 3 orang yang pernah diamanahi mendesain logo M-Camp : JJ, saya dan Annas. Khusus Annas, desainer Logo M-Camp 2010, mendapat hadiah 100ribu rupiah karena memang sejak M-Camp 2010 dicanangkan sayembara membuat Logo M-Camp dan Annas keluar sebagai pemenangnya pada saat itu.

Berikut ini Logo-logo yang pernah digunakan dalam M-Camp ITSAR


Logo M-camp 2000. M-camp pertama kali ITSAR. Bentuknya 2 buah kemah yang dipadu sehingga mengesankan huruf 'M'. Designed by JJ. Created in Paint and Microsoft Word.



Logo M-Camp 2007. Designed by Ayyash, Created in CorelDraw X3. Logo ini sekilas mirip lambang Eiger tapi bukan. Logo ini lebih mirip lambang JASADI-nya ROHANI ketimbang logo Eiger. Fontnya memang mirip tapi logonya enggak. Sebuah Syal biru yang melingkari logo menandakan persahabatan.


Logo M-camp 2008. Designed by Ayyash. Created in Coreldraw X3. Masih gambar tenda tapi lebih mengesankan rumah. Selama ini momen M-Camp telah membuat ITSAR serasa seperti rumah sendiri. 4 Kotak berwarna-warni mengesankan perbedaan yang harmonis dari masing-masing SMP.


Logo M-Camp 2009. Designed by Ayyash. created in Coreldraw X3. Di logo ini saya mengambil simbolisasi yang berbeda dari sebuah acara kemping yaitu Api Unggun. inspirasinya juga dapet dari sebuah situs kemping (thank God Google provide Google Image God..) yang menggunakan api unggun sebagai logo. Cukup lama proses pembuatannya dan butuh seleksi yang ketat agar terwujud logo ini. Begitu bersemangatnya saya, saya sampai membuat belasan alternatif logo pada saat itu sebelum terpilih logo ini. Berikut alternatif yang saya buat :


Saya sangat suka logo ini. Merahnya melambangkan semangat yang membara. Tapi ada pendapat yang mengesankan ITSAR seperti terbakar. Jadinya syuro menyepakati warna api diganti jadi biru.

Logo ini mengesankan Country sekali. Tapi karena 'Country' itu tidak familiar dengan keadaan bandung, maka hanya sedikit orang yang tertarik dengan logo ini.


Kalau logo ini adalah amandemen dari logo yang diatas. Inspirasinya dari Logo NBA. Tapi lagi-lagi karena kesannya niru banget, jadinya gak kepilih. ITSAR sangat menyenangi Orisinalitas ternyata. Tapi semua pasti sepakat kalau warna yang saya pilih sangat imut dan lucu bukan? /^0^\


Ini logo yang lain lagi. Saya mengambil simbol gunung. Tapi lagi-lagi ada 'tapi'nya. Cuman saya lupa 'tapi'nya tuh apa. Ya sudah. Intinya logo ini tidak memenuhi electoral threshold.


Logo ini terkesan sederhana sekali. Gambarnya juga ngambil dari sebuah font Symbol. Gak Orisinal. Cus. Sebenarnya masih ada alternatif logo lainnya tapi yang tidak saya tampilkan disini hanyalah logo yang saya utak-atik warnanya saja bukan keseluruhannya.


Inilah dia Logo M-Camp 2010. HandDrawed by Annas. Vectorized by Ayyash. Saya naik pangkat kali ini menjadi tukang vektor dan pembuatan logo ini menggunakan teknik yang berbeda dari biasanya. Lebih rumit dan lebih lama. Kalau biasanya saya menggunakan teknik Simple Tracing yang dikerjakan oleh software, maka sekarang saya harus menggunakan Manual Tracing yang dikerjakan secara maual oleh pergerakan mouse saya karena sumbernya adalah gambar tangan, bukan gambar yang nyomot dari Internet.
Karena sumbernya gambar tangan, maka saya harus menscannya terlebih dahulu. Seperti ini:


Nah, dari gambar tangan inilah saya mencoba menyalinnya secara manual menggunakan coreldraw. Pada usaha pertama Coreldraw sempat ngehank dan saya lupa menyimpan hasil kerja saya akibatnya saya harus mencoba trace dari awal lagi. Sebuah usaha yang melelahkan memang, tapi saya menyenanginya. Barulah pada usaha kedua saya menyimpan hasil kerja tiap selang 10 menit untuk jaga-jaga. Kalau tidak salah butuh 5 jam untuk membuatnya. Alhamdulillah hasilnya tidak sia-sia. Saya dan Annas menamakan logo ini ITSAR-Man.

Belum semua logo bisa saya tampilkan dalam posting ini, karena beberapa masih tertinggal di laptop anak ITSAR lainnya. Menurut saya yang terbaik adalah yang Api unggun warna merah. Menurutmu?







Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.