Ghazi Azhari Daffa Az-zharif: is Better Then a Thousand Months (Nada Hati)

Posted by media itsar | Posted in

(1. Verily, We have sent it down in the Night of Al-Qadr. ) (2. And what will make you know what the Night of Al-Qadr is) (3. The Night of Al-Qadr is better than a thousand months.) (4. Therein descend the angels and the Ruh by their Lord's permission with every matter.) (5. There is peace until the appearance of dawn.) (Surah Al-Qadr : 1-5)



Wah, Spesial! Kalo Sobat ngerti tuh yah (ngerti lah, cenah SBI), itu adalah terjemahan dari surah Al-Qadr. Isinya apa? Isinya nerangin, bahwa di salah satu malam yang sama Allah diacak random dalam bulan Ramadhan, itu ada satu malam yang katanya Al-Quran sih IS BETTER THEN A THOUSAND MONTHS! Waw!



Kalo sobat itung aja yah, lebih baik dari 1000 bulan itu berarti lebih baik dari berapa taun yah? coba aja bagi, 1000 dibagi 12 = 83,333 taun lah! Keren abis, itu berarti 83 taun lebih 4 bulan. Kalo temen-temen coba kotret aja, rata-rata umur orang hidup cuma 60 taunan, belum lagi yang kena bencana, musibah dll yang kita pukul kasar meninggalnya kurang dari 60 taunan, sementara lailatul qadar itu lebih besar nilainya dengan 83 taun 4 bulan wuahh! Mampu gak kita idup selama itu dengan full ibadah? Lha wong idup bentar aja masih banyak kita pake maksiat, iya kagak? (kagak lah ya kita mah, aamiin..)




Nah sahabat, itu masih nilai minimalnya kan. Sementara yang dikasih tau ama Allah kan lebih baik dari 1000 bulan, bukan sama dengan 1000 bulan. Makin asyik aja tuh kalo begitu!



Terus, kita juga nanya dong. Emang ada apa dan kenapa tuh satu malem bisa spesial gitu dan ampe diacak random segala ama Allah. Nah, selain yang tadi udah kita bahas, bahwa malem itu kalo kita lewati dengan ibadah yang sungguh-sungguh kita bisa dapet keutamaan yang lebih baik nilainya dari 1000 bulan, ternyata ada poin lain yang cihuynya juga kagak kalah ama yang pertama! Apakah itu? poinnya adalah : HE WILL BE FORGIVEN FOR HIS PREVIOUS SINS!



Mantep juga tuh bray, dosa-dosa kita bisa dihapus begitu saja. Yang dulu-dulu pernah nyontek, yang dulu-dulu pernah Open Book pas ulangan, yang dulu-dulu pernah.. (Eits! udah ah, jadi pengakuan dosa gini). Nah dosa-dosa sahabat bisa musnah deh pada malam ini. Tapi bentar! ada syaratnya kalo dosa-dosa terdahulu kita mau ilang. Syaratnya gampang-gampang mudah sih kalo bener-bener pengen dapet. Yang pertama, Kita harus beribadah sungguh-sungguh saat itu dengan penuh keimanan. Yang kedua, kita hanya harus mengharapkan pahala dari Allah. Udah begitu doang, susah kan? (gampang kok, asal bertekad)



Terus kapan jatuhnya nih malem emas yang lebih meriah dan rame oleh para malaikat dibanding dengan malem taun baruan yang nggak karuan? Nah di sini bos, Allah ngacak random dan cuman kasih clue aja buat kita. Kata Aisyah r.a (radhiyallahu anhu yah, bukan Raden Ajeng), istrinya Rasulullah SAW. Pernah denger suaminya bersabda, “Bersungguh-sungguhlah kalian mencari lailatul qadar pada sepuluh malam yang terakhir dari Bulan Ramadhan.”

Itu salah satu cluenya, dan clue lainnya, sama dari Aisyah juga, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda “Bersungguh-sungguhlah kalian mencari Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil dari sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan.”

Nah keduanya didapetin dari hadist riwayat Imam Bukhari ama Imam Muslim, Insya Allah shahih deh.



Terus kenapa kok Allah nggak ngasih tau kita aja tanggal berapa gitu! Yang ini bukan karena Allah pelit nggak mau ngasih tau kita, Allah kan Maha Pengasih dan Penyayang. Hal ini kita pandang positif dong, Allah pengen supaya kita ibadahnya getol di hari-hari lainnya. Kalo dikasih tau tanggal sekian mah atuh, ntar masjid penuhnya cuman tanggal segiitu doang, dan tanggal-tanggal lainnya orang-orang lebih memilih untuk beritikaf di masjid Jami Pasar Al-Baru, atau masjid twenty one.



Nah, sahabat terus tugas kita apa sekarang? Yah, sekarang mah tinggal kita sungguh-sungguh untuk berburu malam lailatul qadar ini. Jadi lailatul qadar hunter dulu deh akhir bulan Ramadhan mah. Ngga rugi juga kan dapet keutamaan lebih baik dari 1000 bulan.



Dan ngejarnya, sungguh-sungguhnya, semangatnya harus dari taun ini dan dari hari ini juga. Karena belum tentu kan kita ketemu ama Ramadhan taun depan. Siapa yang bisa jamin sahabat bisa selamet dari kematian pas baca bulletin ini saking asyiknya ampe di tengah jalan tol, kan cuman Allah yang tau kematian kita. So, sekarang berik deh lailatul qadar, daripada cuma tidur-tiduran wasting time, atau pesta-pestaan tak jelas, mending untuk sepuluh hari terakhir nanti, kita siapkan diri kita untuk berburu lailatul qadar! Kan lumayan, dapet keutamaan beribadah selama lebih dari 83 taun 4 bulan!



Terakhir sahabat, lailatul qadar juga pilih-pilih orang siapa aja yang bakal ngedapetin keutamaan dirinya. Nggak bisa kita sekadar tidur doang saat malam lailatul qadar dengan pembelaan “Kan tidur teh ibadah, tadi kan dibilang asal ikhlas, mengharap pahala dari Allah, dan sungguh-sungguh. Nah saya ini teh tidurnya sungguh-sungguh, ikhlas, mengharap pahala Allah lagi, kan bisa?” Jah, kalo begitu mah bukan mau nyari malm lailatur qadar. Bagi yang serius, pasti akan mengencangkan ikat pinggangnya, menyingkapkan baju di lengannya (wah siga deuk sparring), dan menegapkan langkahnya untuk beribadah kepada Allah. Kalo kita hanya tidur, kalah dong sama yang beribadah sungguh-sungguh di masjid, kalah dong ama yang tahajjudnya luar biasa pada malam itu, kalah juga dong ama yang membaca Al-quran dengan sungguh-sungguh saat itu.



So, kejar terus the Night which better than a thousand months ini, banyakin itikaf di 10 malam terakhir Ramadhan, khususnya di malam ganjilnya. Di masjid yah!! Itikafnya jangan di pasar baru atau factory outlet terdekat!!





Ghazi Azhari s

Bandung, 26 Agustus 2010 (17:22)

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.