Pendahuluan, Dasar Pemikiran, dan Tujuan M-Camp

Posted by media itsar | Posted in ,

Pendahuluan

Bismillahirrahmanirrahim

Generasi muda Muslim merupakan salah satu faktor penentu masa depan ummat Islam. Keberhasilan dalam membangun generasi penerus Islam yang berkualitas akan sangat menentukan tegaknya Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Dan peningkatan kualitas generasi muda Muslim tidak dapat terlepas dari peran pembinaan keislaman.

Sebagai sarana untuk meningkatkan.motivasi generasi muda untuk mempelajari Islam maka suatu metode pembinaan keislaman perlu dikemas dalam bentuk yang kreatif dan inovatif. Maka kami, Remaja Masjid Riyadhus Jannah merencanakan kegiatan Perkemahan Pemuda Islam (M-Camp)  yang memadukan antara pembelajaran keislaman, kompetisi untuk berprestasi dan kegiatan di alam bebas.

Adapun harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk meningkatkan motivasi generasi muda Muslim dalam mempelajari Islam baik dalam teori maupun praktek, meningkatkan ukhuwwah Islamiyah, membangun semangat gemar berprestasi dan bersaing, serta meningkatkan ketakwaan dan kecintaan terhadap makhluk ciptaan Allah SWT.

Dasar Pemikiran

  1. Perlunya pembinaan peserta untuk memiliki kemampuan bertafakur tentang alam semesta ini.   
  2. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal. (yaitu) oran-orang yang berdzikir kepada Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring dan mereka bertafakur tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) ‘Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakaan (alam) ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau maka peliharalah kami dari azab api neraka.”(QS Ali Imran : 190)
  3. Perlunya mengisi waktu luang peserta dengan berekreasi agar kembali semangat beraktivitas dalam tahun ajaran mendatang.
  4. Perlunya sarana untuk mempererat ukhuwwah antara pelatih dengan anggota sebagai salah satu faktor yang dapat mendukung proses pembinaan Islam.
  5. Perlunya sarana untuk melatih kemandirian anggota.

Tujuan

  1. Membina ukhuwwah Islamiyyah antar sesama pelajar muslim SMP di Remaja Masjid Riyadhul Jannah.
  2. Meningkatkan kualitas pemahaman Islam dan melatih peserta dalam melaksanakan amal Islami.
  3. Sebagai latihan keterampilan umum serta seni fisik.
  4. Latihan dalam kemahiran manajemen team.
  5. Menumbuhkan sikap prestatif dan senang bersaing.
  6. Membentuk kader-kader muslim yang berkualitas dan berkomitmen terhadap keislamannya.

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (1)

iya,bisa dimengerti

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.