Kepanitiaan M-Camp

Posted by media itsar | Posted in ,

Struktur kepanitiaan M-Camp pada umumnya tidak berbeda jauh dengan struktur kepanitiaan lainnya. Hanya saja, karena ini kepanitiaan acara khas di alam, maka tentu ada divisi yang khusus hanya ada di acara-acara alam. Meskipun begitu, kepanitaan M-Camp ITSAR memiliki divisi khusus yang mungkin tidak ada di kepanitaan kemping-kemping lainnya. Hal ini tidak lepas dari tujuan diadakan M-Camp itu sendiri. Pendahuluan, Dasar Pemikiran dan Tujuan M-Camp dapat dilihat disini.

Panitia M-Camp adalah mereka yang sudah melewati masa kaderisasi As-Sabaqin. Peserta M-Camp adalah kader-kader Ash-shaff dan kader-kader AS-Sabaqin.

Kepanitaan M-Camp

Ketua
Ketua bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaan M-Camp dari awal hingga akhir. Ketua selalu berusaha memimpin rapat dan memediasi atas setiap persoalan yang muncul. Pemilihan ketua dipilih dalam syuro DMI yang beranggotakan DM dari tiap SMP. Biasanya tiap DM mengajukan nama calon ketua M-Camp kemudian nama- nama yang diajukan di fit and proper test  sampai ditemukan kandidat yang cocok. Biasanya ketua dipilih berdasarkan parameter kemampuan memimpin, jam terbang beramal di ITSAR dan popularitas di antara kader-kader ITSAR. Poin yang terakhir penting karena dalam ITSAR ikatan emosional yang kuat sangat mendukung proses teamwork dan kepemimpinan. (Oleh karena itu ITSAR memiliki serangkaian kegiatan yang memupuk dan mengeratkan ikatan emosional antara kader lintas SMP -- dibahas dalam topik yang berbeda).

Wakil ketua
Wakil ketua biasanya sepaket dalam bursa pemilihan calon ketua M-camp.  Walaupun begitu, tidak ada larangan bahwa ketua dan wakil ketua berasal dari SMP yang berbeda.

Acara Ash-Shaff dan Acara Assabaqin
Divisi Acara dibagi 2 menjadi menjadi Acara Ash-Ashaff dan Acara Asabaqin. (Dalam waktu yang bersamaan ada dua acara yang berlangsung. Yaitu acara Ash-shaff yang diikuti kader-kader Ash-Shaff, dan acara As-Sabaqin yang diikuti kader-kader As-Sabaqin). Penjelasan mengenai Ash-Shaff dan Assabaqin dijelaskan dalam posting yang berbeda.

Tujuan dari Divisi acara Ash-Shaff adalah bagaimana nilai-nilai yang ditanamkan pada peserta Mcamp dapat terpelihara seusai Mcamp itu sendiri (Konsolidasi/kekompakan, peningkatan kualitas kader, Unit*, komitmen pada LDS masing-masing) *Unit adalah keterampilan kader di luar kapasitas diniyah. Seperti kemampuan menjelajah alam, elektronika, jurnalistik dan lain-lain.

Tujuan dari Divisi acara As-Sabaqin adalah membangun Kesigapan, Visi Angkatan, Totalitas, Jiddiyah, komitmen pada ITSAR dan Ukhuwwah antara peserta Assabaqin. Keuntungan lulusan M-Camp Assabaqin adalah mereka dapat terlibat dalam amal-amal bersama Alumni ITSAR sebagai follow up M-Camp, dan mendapat Jaket ITSAR. Lulusan Mcamp Assabaqin akan berubah status dari kader SMP menjadi kader ITSAR. Ketika seseorang menjadi kader ITSAR, maka dia akan memasuki dunia amal ITSAR yang tidak memperhatikan senioritas, senantiasa beramal dan bergerak tak kenal henti. Jam terbang amalnya meningkat, akselerasinya menukik tajam, wawasannya bertambah pesat. Ketika sudah memasuki dunia amal ITSAR, maka tak ada batasan dalam beride dan beramal selama sesuai dengan garis-garis perjuangan ITSAR.

TIM ITSAR
Ini adalah divisi unik dalam M-Camp. Tugasnya sederhana, yaitu menanamkan wawasan keITSARan kepada seluruh panitia dan peserta M-Camp. Beberapa acara yang dihandle oleh TIM ITSAR adalah "Makrifatul ITSAR", Kuis Siapa Berani wawasan ITSAR, Olimpiade ITSAR, dan Candid camera. Candid Camera adalah kerjaan panitia TIM ITSAR yang membawa kamera kemana-mana sembari mewawancara peserta ataupun panitia dengan pertanyaan - pertanyaan seputar ITSAR. Parameter keberhasilan TIM ITSAR adalah andaikata peserta atau panitia MCAMP hafal Ikrar kader ITSAR, hafal nama DM-DM ITSAR, dan hafal serba-serbi dunia ITSAR. Biasanya TIM ITSAR diisi oleh orang - orang dominan otak kanan yang membawa kesegaran rohani dan jasmani.

TIM UNiT
Tim Unit bertugas mengenalkan dasar-dasar keterampilan non diniyah (fanniyah) kepada kader sebagai bekal acara Unit untuk diterapkan di LDS masing-masing. TIM UNIT akan mengenalkan dasar-dasar tali  temali, rappling, dan flying fox sebagai basic pengenala UNIT pecinta Alam. TIM UNIT juga mengenalkan cara membuat spanduk sederhana sebagai basci pengenalan UNIT jurnalistik. TIM UNIT juga mengenalkan basic elektronika seperti lampu kelap-kelip sebagai basic pengenalan UNIT Teknologi. Basic skill ini menjadi bekal untuk kader kembangkan di LDSnya masing-masing.

TIM Medis
TIM MEDIS adalah divisi wajib dalam acara-acara alam. Karena bisa saja kejadian tidak diinginkan terjadi di tengah-tengah acara. Peserta mual, demam gunung, atau keracunan makanan. Jangan sampai acara alam terganggu karena ada kecelakaan serius atau luka-luka ringan. Biasanya TIM medis diisi oleh Alumni yang kuliah di Kedokteran atau Farmasi.

TIM dapur umum (DU)
Entah kenapa ini adalah Divisi Favorit dalam kepanitiaan Mcamp. Selalu akhwat yang menang tender. Ikhwan tidak pernah diberi kesempatan untuk memasak. Padahal, jangan salah. Masakan Ikhwan itu enak-enak lho. Terutama untuk yang masih jomblo, terbiasa hidup self-serviced hehehe. Tapi jujur. Selama 10 tahun ITSAR mengadakan M-Camp, grafik kualitas makanan M-camp meningkat positif. Menunya variatif, enak, lezat dan bergizi. Terkadang beberapa menu seolah ditata sedemikian rupa oleh tangan-tangan professional. Pokoknya, panitia selalu bersemangat kalau melihat dapur umum ngepul dengan asap. Tandanya sebentar lagi makan!!

TIM TATIB
Ini diisi oleh panitia pertampang preman namun berhati malaikat. Terpaksa. Karena tugasnya menegakkan ketertiban. Gak boleh ada yang jajan di lokasi camping. Kalau ketahuan, disidang. Gak boleh terlambat. Gak boleh kotor atau berantakan. Tatib selalu berusaha menjaga flow kegiatan selalu stable dan on the track. Bagaimanapun juga M-Camp adalah sarana kaderisasi, harus diikuti dengan serius dan fokus, meski rada-rada GeJe kalau TIM ITSAR yang megang kendali. TIM TATIB punya acara pesial dalam rundown acara. Namanya "Malam Evaluasi". Di acara ini peserta dievaluasi kegiatannya selama sehari tadi. Tatib yang menjadi intel melaporkan berbagai pelanggaran yang terjadi dan memberi pemahaman bahwa pelanggaran itu tak boleh terulang lagi. Biasanya, Tatib membuat sebuah baligho yang berisi peraturan TATA TERTIB Mcamp dan diletakkan di tengah-tengah arena kemping. Di ITSAR gak ada kakak yang jahat, yang ada kakak yang tegas.

TIM DANUS.
ini tim yang sibuk sebelum hari-H. Tugasnya ada 10 : Mencari uang, mencari uang, mencari uang, mencari uang, mencari uang, mencari uang, mencari uang , mencari uang, mencari uang, mencari uang. awalnya tugasnya hanyalah 3. Tapi karena ITSAR ingin kaya secepat-cepatnya, maka dari itu tugasnya ditambah jadi 10. Mereka punya puisi. Mau tahu? cekidot.

TIM PERLENGKAPAN
Bisa dibilang ini TIM yang paling stres dan berpahala. TIM perlengkapan harus memastikan semua, sekali lagi, SEMUA peralatan yang dibutuhkan SEMUA panitia dan peserta ADA. No Excuse alias gak mahu tahu
semuanya harus ada dan uangnya cukup. Cara kerjanya sederhana. TIM PERLENGKAPAN akan meminta listing barang yang dibutuhkan semua panitia dan tidak boleh pulang sebelum barang-barang yang diminta ada semua. (gak ding becanda. Boleh pulang kok :D)

TIM SURVEY
Pada awal-awal kepanitaan terbentuk, TIM SURVEY yang paling sibuk. Karena tempat menentukan segalanya (biaya perjalanan, uang pendaftaran, dll), makanya TIM SUREY harus bisa mengunjungi tempat-tampat yang kiranya bisa dijadikan lokasi M-Camp dan memberikan rekomendasi-rekomendasi sesuai hasil survey. Enaknya TIM SURVEY bisa sekalian rekreasi. Kalau survey ke lembang bolehlah icip-icip sate kelinci seraya berkata "Maknyusssss..!" Khusus buat tim ini saya mau kasih Tribute buat Teh Asti dan Bayu yang senantiasa bersabar dan menginfakkan tenaga serta mobilnya untuk menjadi driver TIM SURVEY.

TIM PENDAHULU
Sebenarnya TIM PENDAHULU adalah TIM BAYANGAN alias TIM CABUTAN yang bergerak lebih dahulu ke lokasi kemping untuk menyiapkan lokasi (pagar tali rapia untuk isolasi arena kemping, pembuatan MCK, survei lokasi lintas alam, dll). Paling baik berangkat sehari sebelum hari H. Kalau Sebulan sebelum hari H itu minggat namanya.

TIM DOKUMENTASI
Kalau TIM ini tugasnya hanya satu. Yaitu jepret-jepret bukan sekadar jepret, tapi jepret yang momennya bagus. Isinya lebih dari 1 orang, karena kita betul-betul membutuhkan momen dan sudut yang bagus. Kalau memungkinkan ada 1 orang yang membawa handycam, buat bikin movie documentary.

Apa lagi ya? Aduh, saya Publish dulu aja. Nanti ditambah lagi kalau ada yang kurang.

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (2)

menarik dan bermanfaat sekali nih infonya
du tunggu info selanjutnya
terimakasih

hmm keren sekali gan
saya suka

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.