Maya Damayanti: Ukhuwwah Islamiyah

Posted by media itsar | Posted in

Kita tidak boleh menjadikan seseorang sebagai sahabat hanya karena ia pintar,atau anak yang populer. Kalau yang seperti itu berarti kita cuma ikut numpang terkenal aja. Tapi orang yang seharusnya kita jadikan sahabat adalah orang yang baik akhlaknya. "Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat." (Al Hujurat 49:10)
Jadi,orang yang seharusnya kita jadikan sahabat adalah orang yang berakhlak baik. Di dalam Agama Islam tidak ada perbedaan antara yang miskin dan kaya,yang kulit hitam dan kulit putih. Jika orang miskin dan orang kulit hitam beriman Kepada Allah maka ia layak kita jadikan sahabat seperti saudara kita sendiri. Persaudaraan seperti itu namanya ukhuwwah islamiyah.


Ukhuwwah Islamiyah adalah persaudaraan sesama muslim yang dipengaruhi rasa cinta, kasih sayang dan rasa saling menghormati yang dilandasi iman dan takwa Kepada Allah.


Kalau misalkan kita ingin ukhuwwah islamiyah itu awet ada cara-caranya, yaitu :

1 Memanjatkan doa untuknya walaupun saling berjauhan.

2 Jika berjumpa berikanlah senyuman dengan wajah manis dan ucapkan salam.

3 Berjabat tangan bila bertemu (sesama jenis).

4 Saling mengunjungi.

5 Menjenguknya bila sakit.

6 Menyampaikan ucapan selamat berkenaan dengan sukses yang dicapainya.

7 Memberikan hadiah pada saat-saat tertentu.

8 Memberikan perhatian terhadap keperluan saudaranya,dll.


Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.