Nisa Al-Banna: Hasan Al Banna

Posted by media itsar | Posted in

Hasan Al Banna dilahirkan pada tanggal 14 Oktober 1906 di desa Mahmudiyah kawasan Buhairah, Mesir .
Pada usia 12 tahun, Hasan Al Banna telah menghafal Al-Quran.
Ia adalah seorang mujahid da'wah, peletak dasar-dasar gerakan Islam sekaligus sebagai pendiri dan pimppina Ikhwanul Muslimin.

Hobinya adalah membangunkan muazin saat sholat subuh tiba.
Beliau juga berhobi menuyuruh teman2nya untuk adzan di atas menara saat subuh tiba, sedangkan beliau berada di dekat sungai Nil mendengarkan adzan yang bersahut2an atau mengetuk seluruh pintu warga agar bangun untuk melaksanakan ssolat subuh berjamaah .

subhanallah..

Ia memperjuangkan islam menurut al-Quran dan sunah hingga dibunuh oleh penembak misterius di depan kantor pusat Ikhwanul Muslimin, Mesir yang oleh banyak kalangan diyakini sebagai titipan pemerintah pada 12 Februari 1949 di Kairo.

Beliau juga menulis atau hasil karya tulisnya salah satunya Al Ma'tsurat. Kepergian Hasan Al Banna pun menjadi duka berkepanjangan bagi umat Islam.

Ia mewariskan 2 karya monumentalnya, yaitu catatan harian dakwah dan da'i serta kumpulan surat surat. selain itu hasan al banna mewariskan semangat dan teladan dakwah bagi seluruh aktivis dakwah saat ini.

beliau pun pernah menentang kepala sekolahnya karena beliau mengenakan jubah panjang dan torbusi, kepala sekolah bertanya:"mengapa kau tidak mengenakan seragam?"
beliau menjawab:"hendak mengikuti sunnah rasul"
lalau,
dengan debat yang panjang akhirnya Hasan al banna diperbolehkan menggunakan jubah tersebut kesekolah, selain beragama, hasan al banna juga menjadi juara umum di sekolahnya, beliau agalah sosok pemimpin yang cerdas religius dan berakhlak mulia (ceria)


sosok suri teladan bagi kita pemimpin kita HASAN AL BANNA


Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.