Nisa Al-Banna: Temukan Masalah, dan Selesaikan...

Posted by media itsar | Posted in

Assalamu'alaikum..
Tau Imam Syafi'i? hehe..
dia ulama besar lho, dan beliau itu bisa mendeteksi masalah seseorang cuma dengan ngeliat ekspresi wajah seseorang itu.. subhanallah..
itu kecerdasan spiritual sebagai berkah ibadah.. Utsman bin Affan, beliau juga bisa tau lho orang maksiat yang mana, melalui wajahnya.
"hati hati dengan firasat orang mukmin.sebab ia melihat dari cahaya Allah" katanya seperti itu.
mengapa mereka bisa kayak gini sih? karena hati mereka itu bersih, hidupnya hanya untuk Allah. jadi kesalahan yang kecil pun mudah terlihat. gak percaya?

coba isi gelas, pake air putih, terus masukin koin atau jarum ke dalem gelas itu. trus liat, koin atau jarumnya keliatan gak/ keliatan kan?
trus sekarang coba tuangin air kopi ke gelas, masukkin koin atau jarum ke dalem gelas itu. keliatan gak koin atau jarumnya? gak kan?

sama dengan hati, ketika hati kita bersih, maka kita akan peka. peka terhadap keadaan, sekecil apapun masalah itu, kita akan peka, insya Allah. tapi kalo hati kita udah kotor, jangankan masalah kecil, masalah besar pun mungkin tidak akan peka.

"orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengoreksi dirinya, dan beramal untuk bekal sesudah mati. orang orang yg lemah adalah orang orang yang menuruti ha
wa nafsunya, dan berangan angan kepada Allah" HR. Tirmidzi.

mampu nemuin masalah berarti separo dari solusi. iya gak? biasanya kita gak bisa nyelesaiin masalah kalo belum tau masalah inti atau akar masalahnya. kalo udah ribet masalahnya aja, riweuh teu puguh, jantung berdebar debar, hati asa kabakar, tubuhnya gemetar, tatapannya nanar, duarrrrrrr meledak deh emosinya(haha lebay)

kecerdasan itu sensitivitas  dan rasa malu lho. tapi bukan berarti malu yang berlebihan. bukan berarti sensitiv yang gak pada tempatnya.

orang cerdas tuh malu berbuat yang bisa merugikan agamanya. Saya pernah baca buku tentang perkataan Umar Bin Khattab tentang keadaan dirinya ketika mendapatkan masalah. empat kata kata itu kalo gak salah ,  "Aku akan selalu mengucapkan hamdalah 4  kali setiap mendapat musibah. yang pertama karena : Allah tidak menurunkan musibah yang lebih besar dari musibah tersebut. padahal jika Allah mau, Dia bisa melakukannya.

kedua, Karena Allah tidak menimpakan musibah kepada agamaku. karena bagiku, tidak ada yang lebih berharga dari agamaku

ketiga, karena Allah telah memberi kesabaran kepadaku, sementara kesabaran itu balasannya surga

keempat, Karena Allah masih menolongku memperoleh kembali apa yang telah hilang. sebab setiap mukmin, pasti mendapatkan gantinya, berupa rahmat dan hidayah dari Allah."

Luar biasa kan? Gitu caranya Umar menghadapi masalah dan musibah. tegar, sabar, tapi kgak keluar dari jalan yang benar.. satu ungkapan Umar yang masih saya inget, kalo gak salah gini:
" Demi Allah, selama aku masih muslim, aku tak pernah peduli dengan keadaanku "
nah temen temen, masih punya masalah yang belum terselesaikan? ayo selesaikan, dengan bener sabar, dan tegar, tapi jangan keluar dari jalan yang benar. hehe

satu pesan dari saya:

"Yakinlah, Allah selalu berikan pelangi ditiap hujan, matahari setelah badai, berkah ditiap cobaan, senyum ditiap airmata, dan ayat ayat cinta ditiap desahan nafas. walaupun sangat sulit, walaupun perih dihatimu begitu dalam, tetaplah tersenyum.. :-)"

semoga bermanfaat ya..
wassalamualaikum...

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.