Syifa Syahzanan Sudradjat: Sedikit Bicara tentang Lisan

Posted by media itsar | Posted in

*Note ini bukan untuk di like, bagi yang mau ngritik, saran, tambahan, masukan, atau bertanya silahkan. Kalau mau comment, cukup katakan "udah baca"

Bismillahirrahmanirrahiim…
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah, Allah masih memperkenankan jari jemari ini untuk bergerak menulis note.

Note ini saya buat dengan apa adanya, simple, alami, dan ga ilmiah (apeu)

Langsung aja ya

Satu masalah yang saya ambil disini adalah tentang lisan. Ya, lisan. Lisan terkadang bisa membawa kita ke derajat yang sedikit lebih tinggi, disukai juga disegani, tapi lisan ini juga bisa bersifat sebaliknya, ia bisa menyayat hati, menjadi jurang bagi kita sendiri dan bisa membuat kita menjadi rendah.

Emang lisan yang gimana yang bisa membuat kita terlihat lebih baik? Lisan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan perbuatan. Simplenya itu.

Dan lisan yang gimana sih, yang dapat menjadi ‘senjata makan tuan’? Adalah lisan yang tidak sesuai dengan perbuatannya. Sebagai manusia, saya juga bukan orang yang sempurna luput dari kesalahan ini. Karena itu, kita bahas bareng2 yuk, agar bisa jadi bahan perbaikan diri. =D

Lisan yang tak dapat dipertanggungjawabkan inilah yang membuat bahaya. Mungkin sesaat ia mengangkat derajat kita sedikit lebih tinggi, tapi dengan seketika pula ia dapat menjatuhkan kita ke jurang yang tak terlihat kedalamannya. Lisan bisa membuat kita dipercaya, namun ia juga bisa membuat orang2 tak ingin lagi mendengarkan kita. Ya itu tadi, karena perkataan kita ga diikuti dengan perbuatan. Kita harus hati2 dalam berbicara; jangan banyak bicara (kalau bicara pun harus bisa dipertanggungjawabkan), jangan asal bicara, dan kalau pengen bicara alangkah lebih baik kalau kita berfikir dulu, apakah yang kita bicarakan itu baik, menyinggung orang, dll.

Nah, salah satu solusi dari saya adalah diam. Ada kalanya diam kita itu ‘emas’.

Semoga bisa jadi bahan buat perbaikan diri kita.

Mungkin cuma itu aja, kalau ada saran, kritik, tambahan, comment, atau mau diskusi disini silahkan, asal jangan keluar dari tema.
Sekali lagi, note ini bukan untuk di like yah.

Kesalahan sepenuhnya dari saya
Kebenaran sempurna milik Allah

Jazakumullah khairan katsiraa


Syifa Syahzanan S
Bandung
Selasa 21 September 2010, 20:11
Di bumi

Anda juga mungkin suka tulisan ini



Widget by Hoctro | Jack Book

Comments (0)

Posting Komentar

Berikan komentar anda disini JIKA Facebook Comment System tidak bekerja sebagaimana mestinya. Pada pilihan [Beri komentar sebagai] Pilih "Name/Url" jika ingin berkomentar dengan mencantumkan nama anda.